Orasi Ilmiah: Smart Grid Dalam Sistem Kelistrikan Saat Ini

Kelistrikan telah menjadi kebutuhan pokok yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan masyarakat Indonesia bahkan dunia.  Maka, listrik menjadi keperluan bagi masyarakat untuk penerangan, dan segala aktifitas yang bergantung pada listrik, serta menjadi sumber energi utama.

Penggunaan Smart Grid sangat perlu dilakukan, karena dapat membantu meringankan masalah yang dihadapi oleh sistem daya listrik dewasa ini.  Sistem daya listrik merupakan kesatuan dari beberapa sistem yaitu; sistem pembangkitan daya listrik, sistem transmisi daya listrik, sistem distribusi daya listrik, dan utilisasi daya listrik. Jika kita merujuk kepada Undang-undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang ketenagalistrikan, bahwa pembangunan ketenagalistrikan bertujuan untuk menjamin ketersediaan tenaga listrik dalam jumlah yang cukup, kualitas yang baik, harga yang wajar, untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara adil dan merata, serta mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

Listrik merupakan pilar pendukung utama dalam segala aspek pembangunan. Salah satu indikator keberhasilan pembangunan adalah sangat tergantung pada ketersediaan dan kualitas daya listrik. Dalam beberapa tahun ke depan sistem kelistrikan akan membutuhkan jawaban untuk tantangan baru, yang sedang berkembang saat ini seperti; kendaraan listrik, baterai berkapasitas besar, peralatan pintar, dan lain sebagainya. Penerapan Smart Grid sangatlah baik dari sisi  peningkatan keandalan sistem daya listrik, meningkatkan pembangkit daya listrik dalam Energi Baru Terbarukan (EBT), dimana sangat sesuai dengan Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional (RUKN) tahun 2019-2038. Berdasarkan Keputusan Menteri ESDM  No.39K/20/MEM/2019 tentang pengesahan RUPTL tahun 2019-2028, dengan mendorong percepatan pencapaian target energi terbarukan.