Wisuda Perdana Program Profesi Insinyur UNRI

Program Profesi Insinyur (PPI) Fakultas Teknik Universitas Riau telah mewisuda tiga belas orang insinyur baru pada hari Rabu tanggal 22 Februari 2023 bertempat di Gedung PKM Universitas Riau (UNRI) Jalan Patimura No. 9, Kampus Gobah Pekanbaru. Acara wisuda yang dipimpin langsung oleh Ketua Senat Unri, Rektor Unri, Wakil-Wakil Rektor yang dihadiri oleh anggota senat universitas, pimpinan fakultas, keluarga, dan teman-teman dari para wisudawan.

Dari 13 wisudawan dan wisudawati tersebut, 10 orang adalah dosen dari Fakultas Teknik UNRI dan tiga orang adalah mitra FT-UNRI, yang berasal dari berbagai jurusan di fakultas tersebut. Para dosen yang akan menerima gelar insinyur adalah Prof. Dr. Ir. Azriyenni, ST, M.Eng, Dr. Ir. Muhardi ST, MSc, Ir. Wan Fauzan Shah Bin Wan Ismail, Dr. Ir. Said Zul Amraini ST, MT, Ir. Warman Fatra ST, MT, Ir. Idral ST, MT PhD, Ir Yohannes Firzal ST, MT, Ph.D, Ir Mariadi ST, Ir. Amir Hamzah ST, MT, Ir. Kaspul Anuar SPd, MT, Ir. Wahyu Hidayat ST, MURP, Ir. Hilmawan Ardi Prasetyo, ST, Dr. Ir. Muhammad Rijal ST, MT.

Berdasarkan undang-undang nomor 11 tahun 2014 mewajibkan semua insinyur yang bekerja wajib memiliki Sertifikasi Insinyur Profesional (SIP).  Sertifikasi tersebut dapat memberikan peluang untuk menjadi setara dengan insinyur-insinyur di kawasan Asia Tenggara. Profesi Insinyur adalah program pendidikan lanjutan yang ditujukan bagi lulusan keteknikan dan beberapa bidang ilmu sesuai dengan peraturan pemerintah RI nomor 25 tahun 2019. Program ini dirancang untuk memenuhi persyaratan sertifikasi sebagai insinyur yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia.  Indonesia membutuhkan banyak insinyur yang berkualitas untuk menghadapi tantangan dalam membangun infrastruktur dan memajukan teknologi di masa depan. Gelar insinyur yang dihasilkan dari Program Profesi Insinyur FT UNRI diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan jumlah insinyur di Indonesia.